Rabu, 08 April 2015

Menggambar Titik (Point) di ArcGIS (ArcMap)

Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk menggambar/menampilkan titik (point) di ArcGIS (ArcMap). 



Berikut ini saya sajikan tiga metode :
  1. Metode pertama adalah on screen digitasi, biasanya digunakan untuk menggambar titik-titik (point) dalam jumlah yang sedikit. 
  2. Yang kedua adalah menampilkan titik (point) yang banyak dari hasil olahan data di Microsoft Excel.
  3. Dan yang ketiga adalah menampilkan data dari GPS


1. On Screen Digitasi



2. Menambahkan/Menampilkan Titik (Point) Koordinat dari Microsoft Excel





Contoh di atas adalah data-data koordinat lokasi dalam format DMS yang diolah kembali menggunakan Microsoft Excel. Jika Anda cukup mahir menggunakan Microsoft Excel, Anda bisa menggunakan aneka kombinasi fungsi seperti MID, LEFT, RIGHT, IF dan sebagainya untuk mengekstrak data koordinat DMS. Kalau belum mahir, silahkan merapat ke blog www.rumusexcel.com.

3. Menampilkan Titik (Point) Koordinat dari GPS


Data berupa titik yang merepresentasikan suatu lokasi di lapangan atau permukaan bumi, biasanya didapatkan dengan menggunakan GPS oleh para surveyor. Berikut video yang menarik yang berjudul Cara Mengimpor Data Waypoint dari GPS ke Ms. Excell dengan Menggunakan MapSource . Sayangnya, tidak mudah menginstal Mapsource di kompi saya. Sehingga, lebih asyik mengimpor data GPS di Google Earth Pro yang sekarang bisa didownload 'free'. Untuk langsung bisa ditampilkan di ArcMap, bisa juga dengan menggunakan tool GPS di ArcMap atau menggunakan AddIn MxGPS. Banyak cara lah ya...selamat bereksplorasi :).